Explore, Dream, Discover!

Blog Percikan Pikiran Ahmad Faizin Karimi

Membudayakan Memberi Melalui Internet

Google Insights for Search (www.google.com/insights/) adalah salah satu fasilitas dari Google yang digunakan untuk mencatat keyword-keyword yang paling populer digunakan user saat mereka mencari sesuatu melalui Google. Data dari Google Insights ini bisa kita gunakan untuk menganalisa hal-hal yang dicari orang dari internet dalam suatu kawasan pada rentang waktu tertentu.

Berdasarkan data dari Google Insights untuk penelusuran dari kawasan Indonesia pada 12 bulan terakhir, tercatat keyword “Facebook” menduduki peringkat pertama, sedangkan peringkat kedua diduduki keyword “download”. Data lebih detail mengungkapkan bahwa keyword download relatif stabil dalam grafik penggunaan. Artinya internet cukup tinggi digunakan orang untuk download.

“Download” merupakan kata dari bahasa Inggris Down dan Load. Pengertian sederhananya adalah “mengambil”. Bahwa download menjadi keyword teratas dalam trend pencarian di internet menunjukkan fakta bahwa pengguna internet di Indonesia adalah orang yang suka “mengambil” sesuatu dari internet.

Lawan kata dari download adalah “upload”. Meski secara teknis pengertian upload adalah menaruh sesuatu di internet, namun karena sifat keterbukaan dan saling sharing menjadikan “sesuatu” yang ditaruh tersebut bisa digunakan orang lain. Bahwa upload tidak banyak dicari orang menunjukkan bahwa budaya “memberi” belum menjadi mainstrem pengguna internet di Indonesia. Kalaupun user mengupload sesuatu, paling banter adalah upload foto di situs jejaring sosial. Yang mana hal itu tidak terlalu bermanfaat bagi orang lain.

Padahal meminta dan memberi itu harus seimbang. Kita tidak boleh bersikap egois dengan hanya meminta sesuatu, tetapi juga harus memberi. Bahkan banyak orang yang percaya bahwa memberi memiliki nilai positif lebih dari pada meminta. Misalnya saja ada perintah “tangan di atas lebih baik daripada tangan dibawah”, atau “memberi maaf lebih baik dari memaafkan”. Maka tidak berlebihan jika Deepak Chopra dalam 7 Spiritual Law of Success mencantumkan “Law of Giving” sebagai hukum kedua untuk sukses.

Alam semesta berjalan menurut sirkulasi memberi dan menerima.Begitu juga tidak hanya di dunia nyata, di dunia maya pun kita harus bersikap sama. Marilah kita tidak hanya meminta, tapi juga membudayakan memberi. Karena itu dibawah ini ada beberapa hal yang bisa kita lakukan agar budaya memberi bisa kita lakukan melalui internet.

Pertama, jika kita menemukan atau memiliki informasi yang menarik dan berguna bagi orang lain, maka kita bisa menyebarkan melalui internet. Penyebarannya disamping bisa melalui situs blog juga bisa melalui situs jejaring sosial.

Kedua, jangan mengupload barang-barang yang tidak berguna, apalagi melanggar hukum. Karena disamping barang itu akan menjadi “sampah maya” juga akan menyulitkan orang saat mencari sesuatu yang benar-benar relevan.

Ketiga, sering-seringlah menghapus upload-an kita di internet.

Keempat, biasakan jika kita mendownload sesuatu milik orang lain, maka berilah ia sesuatu yang baik juga. Misalnya komentar terima kasih, atau bisa juga saling-tukar file.

Kelima, jangan suka mendownload file-file yang melanggar hukum, misalnya melanggar hak cipta atau memiliki efek negatif.

Jika ini bisa dilakukan maka kita bisa mengoptimalkan internet menjadi sarana berinteraksi yang positif. Jika tidak, maka bukan tidak mungkin internet hanya menjadi sarana kejahatan baru. []

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on December 4, 2010 by in Teknologi and tagged .

Kategori Artikel

Archives

MY BLOG’S AWARD

My Book: Siapapun Bisa Menerbitkan Buku!

My Book: Think Different

buku think different

My Book: Politik Kiai Dahlan

Pemikiran dan perilaku politik kiai haji ahmad dahlan

My Book: Kurban; Kekerasan Berbingkai Agama?

buku kurban

The Inspiring Nature

Pengunjung

  • 46,642 pembaca
%d bloggers like this: