Explore, Dream, Discover!

Blog Percikan Pikiran Ahmad Faizin Karimi

MENULIS ITU GAK SUSAH KOK!

Tips untuk kamu yang pengen menulis.

Mungkin banyak diantara kita yang merasa segan dan malas jika mendapat tugas menulis. Biasanya alasan yang dominan mengapa kita tidak mau melakukannya adalah merasa tidak bisa, atau sulit memilih kata. Hal ini kemudian menghasilkan asumsi yang banyak berkembang di masyarakat bahwa menulis itu mutlak membutuhkan bakat, seseorang yang berbakat menulis akan bisa menulis dan sebaliknya, jika seseorang tidak berbakat, maka dia tidak akan bisa menulis. Asumsi ini jelas-jelas salah. Menulis pada dasarnya bisa dilakukan semua orang, baik dia berbakat atau pun tidak. Masalahnya adalah bagaimana kemudian kita menghasilkan tulisan yang bagus, baik dari segi pemilihan kata, struktur, gaya maupun plastisitas.


Tulisan yang baik dihasilkan dari penulis yang baik dan penulis yang baik ditempa oleh pengalaman!!. Mungkin ini adalah dasar yang mesti kita pegang jika ingin menghasilkan tulisan yang baik. Hukum alam masih berlaku dalam tulis-menulis, semakin sering maka semakin berpengalaman, semakin berpengalaman maka semakin bisa.

Kesulitan awal

Ada perbedaan antara “penulis pemula” dan “memulai menulis”. “penulis pemula” adalah orang yang baru belajar bagaimana cara menulis yang baik sedangkan “memulai menulis” adalah usaha awal yang dilakukan seorang penulis, tidak perduli dia amatir ataukah profesional.


Namun dari keduanya ada korelasi yang erat. Seorang penulis pemula biasanya menghadapi kesulitan awal jika dia ingin menulis, yakni bagaimana, dari mana atau dengan apa dia harus memulai tulisannya. Seseorang yang terbiasa menulis, akan mudah menentukan bagaimana, dari mana dan dengan apa dia memulai menulis. Seorang penulis akan merasa enjoy dan “flow” jika dia berhasil mendobrak kesulitan awal ini. Jadi intinya adalah : Biasakan menulis, agar mengetahui bagaimana memulai menulis!!

Apa yang dibutuhkan untuk dapat menulis?

Sama dengan masalah yang lain, menulis juga butuh modal. Ada beberapa hal yang harus kita penuhi agar kita “bisa” menulis, diantaranya:


1. IDEALISME. Seorang penulis harus punya idealisme, sehingga ketika mengetahui sebuah persoalan dia bisa menyikapinya, entah berbentuk negasi, persetujuan, atau netral. Idealisme itu bisa berwujud macam-macam ideologi.
2. MEMBACA. Kalau kamu tidak pernah “membaca”, maka kamu tidak akan pernah bisa menulis. Analoginya seperti rekaman musik, jika tidak ada yang direkam, maka tidak akan ada yang bisa didengarkan.
3. KEPEDULIAN. Apa jadinya jika kamu tidak perduli dengan suatu hal?, kamu tidak akan tertarik untuk mengamati, menyikapi dan mengekspresikannya.

 

Kapan kita menulis?
Waktu yang paling baik untuk menulis adalah: SAAT KAMU SEDANG MOOD. Dalam kondisi tersebut energi yang kamu miliki sedang dalam puncaknya, Idealisme kamu sedang tinggi, Emosi kamu sedang “In”, sehingga transfer “perasaan” dan kekuatan tulisan bisa maksimal. Percaya atau tidak, tulisan yang dihasilkan sesorang dengan semangat, emosional dengan yang “datar-datar saja”, sangat terasa bedanya, terutama bagi pembaca yang sudah berpengalaman. Analoginya seperti “membuat sambal”, meskipun kadar cabenya sama dan dengan alat yang sama, lain tangan maka lain rasa dan pedasnya. Betul?


Dan jika kamu sedang mood, usahakan JANGAN MENUNDA MENULIS!!. Kalau ditunda, perasaanmu sudah tidak sama lagi dengan sebelumnya.

 

Kesalahan umum “penulis pemula”
Seseoran yang jarang menulis atau yang ingin belajar menulis biasanya dihinggapi suatu penyakit dan kesalahan umum: TAKUT TULISANNYA DICAP JELEK!!!. Ingat, semakin sering kamu menulis maka semakin baik tulisan yang kamu hasilkan. Gaya bahasa, plastisitas, pemilihan kata dan lain sebagainya akan terbentuk dengan sendirinya secara alami jika kamu sering menulis dan MEMPERHATIKAN TULISAN ORANG LAIN. Dengan begitu maka kamu semakin banyak belajar, dan satu hal lagi JANGAN MEMAKSAKAN DIRI MENGIKUTI GAYA TULISAN ORANG LAIN. Gaya tulisan bisa berbeda dan tidak harus sama.

 

Memulai menulis
Bagaimana, sudah mulai tertarik untuk mendalami dunia tulis-menulis? LAKUKAN DARI SEKARANG!!
Kamu bisa mulai dengan menulis tanggapan terhadap tulisan ini.
Atau di lain kesempatan kamu bisa belajar dengan menulis hal-hal yang sederhana, misalnya tentang diri kamu, binatang piaraanmu, apa kejadian yang menurut kamu menarik di sekolah pagi ini, atau pendapatmu tentang perkembangan peristiwa populer. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on February 6, 2007 by in Intelektual.

Kategori Artikel

Archives

MY BLOG’S AWARD

My Book: Siapapun Bisa Menerbitkan Buku!

My Book: Think Different

buku think different

My Book: Politik Kiai Dahlan

Pemikiran dan perilaku politik kiai haji ahmad dahlan

My Book: Kurban; Kekerasan Berbingkai Agama?

buku kurban

The Inspiring Nature

Pengunjung

  • 46,642 pembaca
%d bloggers like this: