Explore, Dream, Discover!

Blog Percikan Pikiran Ahmad Faizin Karimi

IDEALIS DAN REALIS
Pertarungan antara keseharusan melawan kenyataan

Pernah ada seorang guru bertanya kepada saya, Dimana kamu studi sekarang? saya jawab: Di Ushuluddin Perbandingan Agama. Segera beliau menimpali: Mengapa kamu mengambil jurusan itu, tidak ada tempat di masyarakat bagi lulusan-lulusan dari jurusan seperti itu. Karena beliau adalah guru saya, maka saya timpali dengan merendah, Saya studi bukan untuk bekerja, tetapi murni menuntut ilmu. BEliau berkata lagi:Mungkin sekarang kamu masih bisa idealis, tetapi nanti ketika sudah lulus, kamu akan dibentur pada kehidupan dan akan mengikuti kenyataan.

Pembaca yang budiman, dalam memandang kehidupan ini memang secara garis besar orang dapat kita kelompokkan pada tiga golongan besar:Idealis, Realis/pragmatis dan hedonis. Orang yang berprinsip hedonis akan selalu menempatkan kesenangan dan hura-hura dalam setiap aktivitasnya, sedangkan realis/pragmatis cenderung ingin mencari hasil nyata dalam jangka pendek pencariannya. kelompok yang disebut pertama adalah kelompok orang yang selalu terikat nilai dasar dan apa-apa yang seharusnya (Das Solen) dilakukan.

Tidak dapat kita pungkiri, kenyataan di masyarakat menunjukkan bahwa kehidupan ini berjalan seolah menuruni grafik yang arahnya ke bawah–seperti digambarkan oleh Giddens dengan analogi Juggernaut. salah satu penyebabnya menurut saya adalah orang tidak lagi memperhatikan idealismenya ketika dalam kehidupan mereka dibenturkan pada kenyataan yang lain dengan apa yang mereka inginkan. dengan mudahnya dan menuruti keinginan untuk mendapatkan hasil secepatnya tanpa susah-susah serta tidak mau mengambil resiko dalam kehidupan adalah salah satu alasan orang meninggalkan idealisme.

Jika semua orang sudah tidak perduli pada idealisme yang notabenenya mengusung penghargaan terhadapa nilai-nilai dasar dan kebenaran (tergantung dari idealisme apa yang dimaksud) maka tidak akan ada sesuatu kebenaran pun yang dapt eksis di dunia ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on October 14, 2006 by in Uncategorized.

Kategori Artikel

Archives

MY BLOG’S AWARD

My Book: Siapapun Bisa Menerbitkan Buku!

My Book: Think Different

buku think different

My Book: Politik Kiai Dahlan

Pemikiran dan perilaku politik kiai haji ahmad dahlan

My Book: Kurban; Kekerasan Berbingkai Agama?

buku kurban

The Inspiring Nature

Pengunjung

  • 46,642 pembaca
%d bloggers like this: